Jan 17, 2013

Sherlock...

euforianya memang terlambat, tapi what the hell-lah...

serial ini sangat bagus dan layak ditonton bersama keluarga anda, atau minimal 13 tahun keatas lah. ada sedikit adegan dewasa tapi itu juga masih bisa di tolerir. yang mengagumkan adalah, betapa martin freeman, yang juga berperan sebagai bilbo baggins muda, didaulat menjadi john watson, sahabat dan satu-satunya teman dari sherlock. sementara sherlock sendiri diperankan oleh benedict cumberbatch (jika anda pernah menonton Hawking, maka anda kenal lelaki ini).

dari segi cerita, memang sudah tidak perlu diragukan lagi. bahkan saya berpendapat bahwa serial buatan BBC ini malah lebih bagus ketimbang film nya. tapi ini cuma pendapat sih. kesan yang saya dapat setelah melihat seri ini secara marathon adalah bahwa kepintaran yang dipunyai sherlock adalah sebuah anugrah dan sekaligus penderitaan. anugrah karena dia menjadi detektif swasta yang sanagta terkenal, penderitaan karena ia terlalu cerdas sehingga punya pacar saja susah :D...

saya masih terpesona, bagaimana sipembuat serial dapat mentransformasi cerita ini menjadi kisah masa kini, sementara sherlock pada hakikatnya adalah cerita yang bersetting tahun 1800-an. pada akhirnya memang dua jempol jua yang terbit setelah menonton semuanya.
    (foto: rumorcontrol.us)
oh ya ada satu hal, di serial ini sherlock tidak muncul dengan topi khas-nya itu, hanya beberapa kali saja si topi itu dimunculkan, dan semata-mata hanya sebagai penyambung ke-sherlock-an masa lalu dan masa kini. cara strategis sipembuat serial agar tetap membuat topi itu fenomenal adalah dengan menciptakan setting sherlock ada dihadapan wartawan dan ia dipaksa menggunakan sebuah topi yang dikirim seorang fans. lantas sherlock ketika memakai topi itu dijepret dan akhirnya masuk koran, jadilah sherlock tetap populer dengan topi nya itu.


3 comments:

Unknown said...

Ahhh Fino, baru baca kalau dirimu juga menonton serial ini. Ini serial kesukaan saya (fakta yang ada alasan saya bertumpuk-tumpuk, saya suka Sherlock Holmes dan sukaaaaa dengan Ben Cumberbatch). Sudah nonton season II nya belum? si Sherly ketemu sama si Irine Adler dan perang pamungkas dengan Moriarty.

Ini adaptasi Sherlock yang 'paling bagus' menurut saya. Yang di film errr kurang Sherlock, yang ini Sherlock sekali, walau setting-nya memang di buat modern.

Adaptasi dari Novel-nya juga cukup mirip walau disana-sini disesuaikan dengan karakter film seri-nya, per episode adalah adaptasi per buku, misal Study in Scarlet jadi Study in Pink, Scandal of Belgravia yang adalah Scandal of Bohemia, dan yang terakhir His Last Bow.

Intinya, setuju sekali Fino kalau film serial ini bagus dan layak di tonton (ranking IMDB nya saja 9) hihihihihhihi.

"Welcome to 221B Baker Street" ^^

Bebaskan Pikir said...

wah, udah ada season 2 ya?? hgw harus hunting nih, hehehe...
iya, emg pinter banget tu sutradaranya, btw seriesnya keluaran BBC emang bagus2 ya, ato prasaan gw aja?

Unknown said...

udahh ada Finoooo, aku dulu nonton di movie2k, itu juga dikasih tau Angga (pas ane exam pulakkk) terdiri dari 3 episode juga. Kerennnn bangettt Finoooo, harus nontooonnn. Menurutku series-nya BBC itu bermutu banget hihihihihhi. ^^