Apr 8, 2013

Review Film Argo

baiklah, ini film sudah pasti bagus, sudah pasti sedikit celanya, wajar jika dihadiahi piala oscar beberapa waktu lalu. saya tidak akan berpanjang lebar, selain menjelaskan bahwa film ini bukanlah semacam film spionase amerika yang gemar memojokkan timur tengah atau hanya sekedar memberondong rakyat biasa dengan muntahan senapan mesin. film ini bukan pula alat penyuguh superioritas amerika diatas segala negara dunia.

                               sumber gambar: http://www.hangthebankers.com/propaganda-of-hollywood-iran-vows-lawsuit-over-lies-in-argo-film/

flim ini berangkat dari kisah nyata penyelamatan enam orang pegawai kedubes amrik yang sedang bertugas di iran. kebetulan saat itu sedang ada kisruh politik yang mana warga iran meminta amerika mengembalikan eks pemimpin iran yang mendapat suaka.

mengapa kemudian menjadi argo? karena upaya penyelamatan 6 orang itu membutuhkan sebuah taktik tidak biasa dan diluar penyamaran konvensional. rasanya tidak ada yang lebih baik selain CIA harus mengatasnamakan hollywood dan memalsukan keberadaan proses produksi sebuah film berjudul "argo" dengan mengambil setting wilayah iran. maka diutus tony mendez (ben affleck), salah satu agen CIA yang menyamar sebagai kru film dari kanada untuk melakukan survey lokasi ke teheran. tujuan utamanya yaitu untuk menuju persembunyian 6 warga amrik yang bersembunyi di kedubes kanada dan membawa mereka keluar dari iran.

agar terlihat asli, masing-masing warga amrik itu diberi identitas palsu dan diharuskan memahami seluk beluk skenario film argo. mereka dipaksa berpura-pura sebagai kru produksi, mereka pun harus mengganti warna rambut, dialek, dan gaya berdandan. agar lebih meyakinkan, bahkan dibuat pula rumah produksi palsu di hollywood dengan tujuan apabila terjadi pemeriksaan oleh tentara iran, film ini terlihat benar-benar eksis...

di film ini tidak ada superhero yang bisa bergelantungan atau dihujani seribu peluru tapi tak mati. ia hanya sebuah drama dalam balutan konflik politik. film ini demikian keren terasa hingga saya yang tadinya ngantuk jadi melek dan nonton sampai habis...bis..bis...

No comments: