Dec 4, 2011

ekibi!



nah, disini...dinegeri sakura ini lagi heboh-hebohnya dengan AKB 48 alias ekibi (begitu orang jepang menyebutnya). mulanya saya kurang ngeh apa itu si ekibi lantaran cara penyebutannya tidak mengikuti spelling amerika ataupun jepang. saya baru tahu ketika satu teman dari thailand menjelaskan bahwa ekibi itu AKB 48. ohh iyaa, saya paham.



AKB merupakan singkatan dari Akiba (Akihabara) sebuah daerah pojokan di Tokyo. usut punya usut nama itu dipakai karena mereka sudah cukup sering untuk tampil di daerah akihabara dan punya jadwal manggung reguler. di kapanlagi dot kom saya pernah membaca bahwa si ekibi ini berpersonilkan para bintang porno jepang, tapi entah itu semua personil atau sebagian saja, tak ada yang tahu.

ekibi ini berpersonil puluhan wanita (ada yang bilang 48 ada pula yang bilang lebih). jika mengacu pada website resmi mereka, maka para wanita itu dipisah menurut huruf AKB. tim A berpersonil 18 orang, tim K berpersonil 18 orang, tim B berpersonil 18 orang, dan kemudian ada pula tim trainee. rasanya cukup untuk upacara bendera satu lapangan sekolah. konon, ini merupakan grup girl-band dengan personil terbanyak di asia.

uniknya lagi adalah, tidak semua personil dapat tampil secara bersama-sama karena akan selalu diseleksi sehingga hanya 21 orang saja yang muncul di TV. jadi jangan kaget jika melihat selalu ada muka baru di ekibi, karena mereka menerapkan kompetisi didalam keanggotaan ekibi.
curi dengar dari website sebelah, ternyata manajemen ekibi punya aturan ketat untuk personilnya: "barangsiapa yang ketahuan memiliki pacar, serta merta akan dikeluarkan dari ekibi". sadis!

kesuksesan mereka tidak segampang nyukur kumis, mereka sudah jatuh bangun sejak 2005. dan agaknya baru 2 tahun belakangan ekibi diterima secara luas oleh masyarakat jepang. kesuksesan mereka terlihat dengan kehadiran program TV khusus ekibi ditahun 2011 ini. namanya AKBINGO, disusul kemudian dengan WEEKLY AKB. tak lupa pula puluhan iklan dan dorama yang telah mereka lakoni.

kini, siapa yang tak kenal ekibi, bahkan anak SD pun tahu..


(ekibi dance, by elementary school student)


No comments: